Skip navigation

Losail – Valentino Rossi memulai musim 2010 dengan positif. Sang juara bertahan memenangi MotoGP Qatar setelah mengambil alih posisi Casey Stoner yang out di awal-awal balapan. Rossi diikuti Jorge Lorenzo untuk membuat Yamaha finis satu-dua.

Untuk Rossi, ini adalah kali pertama dia menjadi jawara lagi di Losail semenjak tahun 2006. Setelahnya, Losail selalu dikuasai Stoner yang jadi juara tiga tahun beruntun.

Dalam balapan kali ini Stoner pun sebenarnya memulai dengan menjanjikan. Sial untuk si pembalap Ducati, dia terjatuh saat tengah memimpin balapan dan setelah mencatat fastest lap. Stoner pun tak dapat angka.

Lorenzo yang jadi runner-up musim lalu juga tampil mengesankan. Sempat melorot posisinya usai start dari posisi tiga, Lorenzo menggebrak dan mencuri posisi dua di lap-lap akhir setelah melewati Nicky Hayden (Ducati) dan Andrea Dovizioso (Honda).

Pujian besar juga patut dituai dua nama yang disebut terakhir tadi. Sebelum aksi Lorenzo di akhir balapan, Hayden yang start di posisi sembilan dan Dovizioso yang start di posisi enam banyak bertarung di belakang Rossi untuk berebut posisi dua.

Hayden dan Dovizioso bahkan praktis terus bertarung sampai menjelang garis finis, kendati kali ini untuk berebut podium akhir alias posisi tiga. Dovizioso memenangi duel ini dengan selisih tipis.

Sementara Dani Pedrosa yang jadi rekan Dovizioso di Honda bisa dibilang sebagai rider yang paling mencuri perhatian saat start. Dari posisi tujuh, dia melesat ke tempat terdepan. Sial untuknya, kemudian Pedrosa malah drop dan akhirnya finis di posisi tujuh.

Jalannya Balapan

Dani Pedrosa melakukan start apik. Sedari tikungan pertama, dia langsung mengambil alih pimpinan. Namun, di tikungan empat Valentino Rossi, yang juga langsung ngebut selepas start, berhasil menyusulnya dan gantian berada terdepan.

Di lap pertama, Rossi pun memimpin balapan diikuti Pedrosa. Pedrosa! Tak lama setelah lap pertama genap dilahap, si rider Honda berhasil melewati Rossi lagi. Tak lama kemudian Casey Stoner ikut menyalip Rossi.

Stoner! Posisi terdepan kini diambil alih Stoner dengan balapan masih tersisa panjang 20 lap lagi. Pedrosa kini ada di posisi dua, diikuti Rossi, Nicky Hayden di posisi empat. Andrea Dovizioso menggenapi lima besar, sementara Jorge Lorenzo yang start di posisi tiga kini tercecer di posisi enam.

Rossi mengambil alih posisi dua dari Pedrosa pada lap empat, kendati Pedrosa terus menempel dan berusaha menyalipnya lagi. Namun, justru Hayden kemudian malah mencuri kesempatan untuk melaju ke posisi tiga dengan melewati Pedrosa.

Stoner jatuh! Di awal-awal lap kelima Stoner terjatuh dari motor dan out dari balapan! Sungguh sial untuk Stoner, yang dipastikan hampa poin di seri perdana ini, terlebih sesaat sebelumnya dia baru mencatat fastest lap. Rossi kini memimpin balapan dengan dikuntit Hayden.

Di lap tujuh, Rossi masih diikuti Hayden dan Dovizioso. Lorenzo sementara itu ada di posisi empat dan Pedrosa yang memulai balapan dengan apik kini malah sudah melorot ke posisi lima.

Pergantian posisi lagi terjadi setelah Dovizioso berhasil melewati Hayden di lap delapan untuk berada di belakang Rossi. Masih 14 lap lagi tersisa dalam balapan ini.

Ben Spies dan Randy De Puniet menyodok ke posisi lima dan enam dengan 12 lap tersisa. Akibatnya Pedrosa pun kian terdorong ke belakang di posisi tujuh. Belum ada perubahan di posisi empat besar dengan susunan Rossi, Dovizioso, Hayden dan Lorenzo.

Setengah balapan sudah dijalani, tiga pembalap terdepan kian berjarak dari pembalap lain. Dovizioso tampak kian mengancam Rossi si pimpinan balapan, kendati Hayden pun siap mencari celah di belakangnya.

Doviziso! Nyaris saja dia berhasil mendapat ruang untuk melewati Rossi pada lap 15 meski The Doctor berhasil menutup celah itu tepat pada waktunya. Tekanan berat buat Rossi masih datang dari Dovizioso dan juga Hayden dengan tujuh lap masih tersisa.

Rossi dilewati Dovizioso pada lap 16! Tapi Dovizioso tidak lama memimpin balapan karena kemudian Rossi melewatinya lagi dari sisi dalam tikungan.

Hayden mencuri posisi dua! Hayden tiba-tiba berhasil melewati Dovizioso. Ah, tapi lagi-lagi perubahan posisi tak bertahan lama karena Dovizioso kembali melewatinya.

Tiga lap lagi dan ketegangan kian meninggi. Rossi cukup aman, dengan catatan tak ada kendala berarti, karena jarak kian bertambah dengan para pengejarnya. Justru Hayden yang kini diancam Lorenzo di posisi tiga.

Lorenzo berhasil melewati Hayden dari sisi dalam tikungan ke kanan! Lorenzo kini ada di posisi tiga dengan dua lap tersisa dan memburu Dovizioso dan kemudian melewatinya! Lorenzo ada di posisi dua!

Di lap-lap akhir, perebutan posisi tiga memanas. Hayden dan Dovizioso sengit berebut posisi dan kemudian nyaris beriringan melintasi garis finis, dengan Dovizioso sedikit di depan Hayden

http://www.detiksport.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: