Skip navigation

Gb

London – Tottenham Hotspur berjaya di White Hart Lane dengan menundukkan Chelsea, yang menuntaskan laga minus satu pemain, dengan skor 2-1. Hasil ini sekaligus kembali memanaskan persaingan gelar juara Liga Primer.


Spurs sudah unggul pada menit 15 setelah Jermain Defoe menuntaskan penalti yang diberikan wasit usai John Terry melakukan handball di kotak terlarang. Sesaat sebelum jeda, Gareth Bale menambah skor menjadi 2-0.

Situasi terlihat kian memburuk untuk Chelsea setelah Didier Drogba terlihat terpincang-pincang jelang kick-off babak kedua. Chelsea tak bisa menggantinya karena jatah tiga pergantian pemain sudah habis.

Chelsea semakin “pincang” setelah Terry menerima kartu kuning kedua pada menit 67. Artinya, The Blues harus bermain dengan sepuluh pemain di sisa waktu seraya mengejar ketinggalan.

Pada menit-menit terakhir, Frank Lampard membuat sebiji gol hiburan untuk Chelsea. Skor akhir, 2-1 untuk kemenangan Spurs.

Kemenangan ini membuat Spurs kembali mengambil alih posisi empat –yang notabene adalah posisi terakhir zona Liga Champions– dari Manchester City yang sebelumnya dikalahkan oleh MU. Dari 34 laga, Spurs punya 64 angka sementara City 62 poin.

Sementara buat Chelsea, kekalahan tandang ini bikin mereka gagal menjaga selisih poin dari MU, yang sebelumnya sudah memangkas jarak berkat kemenangan atas City. ‘Si Biru’ memang masih memimpin klasemen, tapi raihan angkanya yang berjumlah 77 kini hanya unggul satu poin saja dari ‘Setan Merah’.

Jalannya Pertandingan

Spurs langsung menebar serangan pada menit pertama. Setelah memenangi bola, si kulit bundar kini dikuasai Jermain Defoe di sisi kanan sementara Roman Pavlyuchenko menanti di muka gawang. Entah menendang langsung atau coba mengoper, sepakan Defoe mengarah tepat ke Petr Cech.

Pavlyuchenko kemudian meliuk-liuk di depan pertahanan Chelsea pada menit lima dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola masih melambung jauh di atas mistar.

Dua menit kemudian, Florent Malouda melepaskan tembakan keras yang mengarah deras ke arah gawang Spurs. Sial untuk dia, Gomes masih sigap menepis bola untuk menghasilkan tendangan penjuru.

Spurs kembali menebar ancaman di muka gawang Chelsea dan kali ini giliran Pavlyuchenko yang menyepak bola ke arah gawang Cech pada menit 11. Tapi bola masih bisa dihadang pemain lawan.

Dua kali kemudian Spurs mengklaim penalti setelah Defoe dan Bale dijatuhkan dalam selang waktu semenit. Keduanya tak dikabulkan wasit.

Pada menit 14, John Terry kedapatan menyentuh bola saat berusaha menyundulnya. Wasit kali ini langsung menunduk titik putih dan Defoe menuntaskan dengan baik. 1-0 Spurs.

Joe Cole melakukan penetrasi di sayap kiri dan kemudian mengirim ke tengah di mana Didier Drogba sudah menunggu. Drogba meneruskan dengan sepakan yang tampaknya kurang pas sehingga Gomes pun tak sulit menjinakkan bola.

Pavlyuchenko! Pada menit 24 dia berhasil melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang mengarah tepat ke gawang Chelsea. Tapi Cech menepis bola dengan cara yang tak kalah apik. Spurs sejauh ini masih terus menekan Chelsea.

Luka Modric berlari di sayap kiri pada menit 29. Penetrasinya diakhiri dengan umpan ke muka gawang dan David Bentley meneruskan dengan sepakan yang masih melebar. Beberapa saat sebelumnya, gawang Spurs sedikit dalam ancaman saat Joe Cole melepas umpan silang berbahaya yang masih belum dapat dimaksimalkan lini depan Chelsea.

Cech kembali mengamankan bola pada menit 37. Dari sebuah sepakan pojok, bola ditanduk Younes Kaboul dan arahnya tepat ke Cech. Satu menit kemudian, malah Malouda yang menceploskan bola ke gawang Spurs meski gol tak disahkan karena dia sudah terjebak offside.

Semenit sebelum jeda, Spurs menambah gol. Dari sayap kiri, Bale melakukan solo run dan mendekati gawang Chelsea. Saat di tepi kotak penalti, dia melepaskan tembakan yang tak kuasa ditahan Cech.

Lampard! Chelsea nyaris memperkecil ketinggalan lewat Frank Lampard. Tendangan voli cantik sukses Lampard lepaskan meski Gomes dengan sigap menepis.

Lima menit memasuki babak dua, Defoe berhasil lolos dari jebakan offside dan berlari meninggalkan dua pemain Chelsea. Tinggal berhadapan dengan Cech, sepakan Defoe masih bisa ditepis si kiper Chelsea.

Malouda mendapatkan bola di depan gawang Spurs. Dia berputar sebelum menendang kendati bola membentur pemain Spurs dan dengan jinak mengarah ke Gomes untuk diamankan.

Spurs merancang serangan dari sayap pada menit 59. Dari kanan, si kulit bundar kemudian dilayangkan ke kanan untuk dikuasai Pavlyuchenko. Dari sudut sempit dia kemudian menyepak bola yang ditepis Cech keluar lapangan.

Chelsea harus main dengan sepuluh pemain setelah Terry dapat kartu merah. Pelanggarannya terhadap Bale pada menit 67 membuat kapten Chelsea itu mendapat kartu kuning kedua setelah beberapa saat sebelumnya juga dapat kartu usai melanggar Pavlyuchenko.

Saat ini kondisi Chelsea benar-benar buruk. Selain masih ketinggalan 0-2, mereka harus kehilangan Terry sementara Drogba juga terlihat cedera kendati tak dapat ditarik keluar karena Carlo Ancelotti sudah melakukan tiga pergantian pemain.

Cech menyelamatkan gawang Chelsea lewat tepisan jarinya pada menit 73. Dari sebuah tendangan bebas, sepakan Defoe masih mengenai pagar pemain Chelsea meski Bentley lantas meneruskan dengan tendangan lambung. Cech sigap bergerak mundur dan meregang untuk menepis bola ke atas mistar.

Cech lagi-lagi tampil sebagai penyelamat. Dia menghadang sepakan Bale pada menit 82. Spurs sebenarnya lebih berpeluang bikin gol jika saja Bale tak memaksa langsung menendang.

Drogba lolos dalam serangan balik dan tinggal berhadapan dengan Gomes. Drogba menyepak, tapi tiba-tiba Dawson menjulurkan kaki untuk menekal bola.

Bale! Usai menerima umpan panjang, Bale mengontrol bola dan melaju ke arah Cech. Dia menyontek bola tanpa bisa diselamatkan Cech, tapi laju si kulit bundar masih tipis di sisi gawang.

Lampard bikin gol hiburan untuk Chelsea di menit injury time setelah sukses meneruskan umpan silang dari Michael Ballack. Setelahnya, Spurs berpeluang menambah gol. Dengan tiga pemain mengepung Cech usai serangan balik, Pavlyuchenko yang menuntaskan serangan malah mengirim bola melebar.

http://www.detiksport.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: