Skip navigation

Gambar

Jakarta – Kemenangan bersejarah diukir Jepang dengan menundukkan Kamerun, Senin (15/6/2010). Bersejarah, karena inilah kemenangan pertama ‘Samurai Biru’ jauh dari rumah.

Sebelum gelaran Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, sudah tiga kali Jepang lolos ke putaran final Piala Dunia yakni pada tahun 1998, 2002 dan 2006.

Jepang melakukan debut di putaran final Piala Dunia dengan menghadapi Argentina 12 tahun silam. Jepang kalah 0-1 dan ini menjadi yang pertama dari tiga kekalahan Jepang di fase grup. Jepang pun angkat koper dari Prancis.

Hasil apik dibuat pada tahun 2002. Menjadi tuan rumah bersama Korea Selatan, Jepang meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang di fase grup sebelum akhirnya kalah di babak dua.

Empat tahun kemudian di Jerman, Jepang tersingkir lagi di fase grup dengan catatan dua kali kalah dan sekali imbang. Dengan demikian, Jepang artinya belum pernah meraih kemenangan di putaran final Piala Dunia di luar negaranya sendiri.

Hal itu berubah saat berjumpa Kamerun di laga pertama kedua tim di Piala Dunia 2010. ‘Samurai Biru’ berhasil menebas ‘Singa Perkasa’ berkat sebiji gol dari Keisuke Honda.

Kemenangan pertama saat Piala Dunia tak digelar di kandang sendiri ini jelas membanggakan. Namun, Honda cs tentu akan lebih berbahagia lagi jika bisa lolos dari fase grup.

Jepang saat ini berada di posisi dua Grup E di bawah Belanda yang sebelumnya menang dengan skor 2-0 atas Denmark.

www.detiksport.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: