Skip navigation

GB
foto-foto lain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
  • Fotolain
Gambar

Cape Town – Portugal berhasil memetik kemenangan pertamanya dengan sempurna. Mengadapi Korea Utara, tim berjuluk Selecao das Quinas menang tujuh gol tanpa balas.

Pertandingan penyisihan Grup G antara Portugal versus Korut berlangsung pada Senin (21/6/2010) malam WIB di Green Point Stadium.

Sejak awal laga, Portugal sudah tampil menekan. Namun baru di menit 29, gol pertama mereka tercipta lewat Raul Meireles.

Portugal benar-benar membantai lawannya di babak kedua dengan enam gol lain yang berhasil diciptakan. Keenam gol tersebut dicetak oleh Simao, Hugo Almeida, Tiago (dua gol), Liedson dan Cristiano Ronaldo.

Kemenangan ini merupakan kemenangan pertama Portugal di turnamen ini setelah sebelumnya hanya berhasil bermain imbang dengan Pantai Gading 0-0.

Dengan tiga poin yang diraih, Portugal kini berada di urutan dua klasemen dengan nilai 4. Di partai penyisihan yang terakhir, Portugal akan meladeni Brasil.

Sedangkan buat kekalahan ini, Korut semakin terbenam di urutan empat klasemen tanpa meraih satu poin pun.

Jalannya Pertandingan

Baru tujuh menit laga berjalan, Portugal sudah mendapatkan peluang emas. Berawal dari sepak pojok, Ricardo Carvalho berhasil menanduk bola dengan posisi kiper lawan sudah meninggalkan sarangnya. Sial bagi dia, bola masih mengantam tiang.

Sebelas menit kemudian, Korut gantian menebar ancaman. Dari tendangan keras Hong Yong-jo yang berhasil ditepis Eduardo. Tapi di depannya masih ada Pak Nam-chol yang lantas melepaskan sundulan. Sayang, bola masih melambung.

Gol Portugal baru hadir di menit 29. Meireles menjadi pembuka skor pertandingan ini usai menerima umpan terobosan dari Tiago yang berhasil dieksekusi dengan sempurna. Portugal sementara unggul 1-0.

Tak kurang dari 10 menit, pergerakan Meireles yang bagus kembali menimbulkan ancaman. Dari tempat yang berdekatan dari tempat dia mencetak gol tadi, ia melepaskan tendangan tetapi bola masih melenceng ke kanan gawang Korut.

Keunggulan Portugal bertahan hingga turun minum.

Semenit memasuki babak kedua, Portugal langsung menekan lagi. Tiago yang bergerak ke arah tengah kotak lantas melepas tendangan sayang, bola masih bisa ditepis Myong-Guk.

Dua menit berselang, Korut membalas lewat Yong-Jo. Tetapi sepakannya dari luar kotak penalti masih terlalu lemah dan mudah saja ditangkap Eduardo.

Korut mendapat tendangan bebas karena pelanggaran yang dibuat Carvalho. Tetapi kiper Portugal masih sigap menangkap bola.

Mimpi buruk Korut dimulai di pada menit 53. Simao yang sukses menjaringkan bola ke gawang Korut sehingga membuat timnya kini unggul 2-0.

Belum genap lima menit, gawang Myong-Guk kembali jebol. Berawal dari crossing Fabio Coentrao, Almeida yang berada di depan gawang dan tanpa kawalan mudah saja menanduk bola sehingga berujung gol di menit 56.

Portugal benar-benar tampil gemilang malam ini. Sebuah gol kembali lahir di menit 60 dari kaki Tiago yang mendapat assist dari Cristiano Ronaldo dari sisi kiri lapangan.

Unggul empat gol belum membuat Portugal mengendurkan serangannya. Mireles yang nyaris menambah gol lagi buat timnya andaikan tendangannya tidak melebar ke samping di menit 64.

Bombardir serangan Portugal lagi-lagi berhasil memaksa Myong-Guk memungut bola dari jalanya sendiri untuk yang kelima kali. Crossing rendah dari Coentrao yang jatuh di kaki Liedson. Pemain yang baru masuk menggantikan Almeida itu langsung menceploskan bola ke gawang di menit 81.

Tujuh menit kemudian, giliran Ronaldo yang membobol gawang Korut. Bergerak ke kotak terlarang, pemain termahal dunia ini mengecoh kiper Korut dan sukses menjaringkan bola. Ini adalah gol pertama pemain berjuluk CR tersebut setelah lebih dari setahun tidak membuat gol untuk negaranya.

Tiago menjadi pelengkap pesta gol Portugal. Di menit 89, Tiago mencetak gol keduanya di pertandingan ini setelah menerima crossing matang dari Coentrao.


Susunan Pemain:

Portugal: 1-Eduardo, 2-Bruno Alves, 6-Ricardo Carvalho, 23-Fabio Coentrao, 13-Miguel, 8-Pedro Mendes, 16-Raul Meireles (14-Miguel Veloso 70′), 19-Tiago, 11-Simao (5-Duda 74′), 18-Hugo Almeida (9-Liedson 77′), 7-Cristiano Ronaldo

Korea Utara: 1-Ri Myong-Guk, 3-Ri Jun-Il, 13-Pak Chon-Jin, 8-Ji Yun-Nam, 2-Cha Jong-Hyok (16-Nam Song-Chol 75′), 17-An Yong-Hak, 4-Pak Nam-Chol (6-Kim Kum-Il 58′), 11-Mun In-Guk (15-Kim Yong-Jun 58′), 10-Hong Yong-Jo, 9-Jong Tae-Se

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: