Skip navigation

Nike Kalahkan Adidas


Gambar

JohannesburgNike boleh saja bukan sponsor resmi, namun dengan strategi kampanye “Write the Future”, produsen perlengkapan olahraga raksasa itu berhasil mengalahkan sponsor resmi Adidas.

Dalam penelitian yang dilakukan Nielsen, riset menunjukkan respon khalayak via online terhadap Nike adalah sebesar 30,2%, dua kali lebih besar dibanding Adidas selama turnamen Piala Dunia.

Kampanye “Write the Future” Nike merupakan tayangan video berdurasi tiga menit yang menceritakan tentang khayalan pemain-pemain bintang seperti Wayne Rooney, Didier Drogba,Cristiano Ronaldo dan yang lainnya dalam mengontrol takdir mereka menjadi pemain sepakbola dunia.

Video iklan yang dibuat oleh sutradara film Babel , Alejandro Gonzalez Inarritu, itu menjadi sensasi dan menembus rekor pada minggu pertama dengan 7,8 juta kali ditonton di Youtube berdasarkan riset Visible Measures.

Sejak dirilis pada 17 Mei lalu, video iklan yang juga menampilkan pebasket NBA top Kobe Bryant dan bintang tenis Roger Federer sebagai cameo itu, telah diakses sebanyak 16,2 juta kali hingga sekarang.

“Video tersebut adalah salah satu iklan terbaik kami dan semakin dikuatkan dengan pilihan masyarakat,” ujar juru bicara Nike, Derek Kent, seperti dilansir USA Today. “Piala Dunia adalah sebuah keuntungan untuk menggaungkan olahraga dan Nike ingin menjadi pusat perhatian.”

Adidas sebenarnya juga membuat video tandingan. Dengan menggunakan konsep Star Wars, Adidas menggandeng David Beckham, serta musisi Daft Punk dan Snoop Dogg untuk bertarung dengan bintang-bintang Nike. Namun, sejak pertama kali dirilis pada 4 Juni, video ini hanya berhasil menarik 3,5 juta penonton di Youtube.

“Pertarungan ‘babak pertama’ dimenangkan oleh Nike,” ujar wakil presiden eksekutif Nielsen Strategic Digital Services, Pete Blackshaw.

Di ‘babak kedua’ Nike ternyata sudah memikirkan sesuatu yang lebih fantastis. Sebanyak 30 layar LED akan dipasang di gedung South Africa’s Life Centre untuk berinteraksi dengan para penggemar dan suporter.

Dengan tema “Write the Headline”, Nike akan menampilkan berbagai pesan teks spanjang 57 karakter yang dikirim dari semua jejaring sosial seperti Twitter, Facebook dan lainnya dari seluruh dunia.

pialadunia.detiksport.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: